Sabtu, 14 Februari 2015

Perbedaan Britania Raya,United Kingdom dan Inggris

Saya sering salah mengira bahwa Britania Raya,United Kingdom dan Inggris adalah naegara yang sama, Inggris nama lainnya Britania Raya ata United Kingdom, wellsebenarnya ketiganya berbeda.
Untuk lebih jelasnya berikut pemaparan dari saya.
Sebelum masuk ke pembahasan silahkan perhatikan peta di bawah ini.



Britania Raya atau Great Britain adalah sebutan untuk kesatuan dari Negara Inggris, Skotlandia, dan Wales. Ceritanya begini, pada tahun 1536-1707 kerajaan Inggris terdiri dari negara Inggris dan Wales. Wales dikuasai raja-raja Inggris mulai tahun 1284 dan pada tahun 1535 Wales dijadikan bagian dari kerajaan Inggris melalui Akta Undang-Undang di WalesPada tahun 1707 Kerajaan ini dihapus melalui Undang-Undang Persatuan (Undang-Undang Persatuan dengan Skotlandia). Melalui Undang-Undang ini pula Kerajaan Skotlandia ikut bergabung dengan kerajaan Inggris, lalu terciptalah kerajaan tunggal yang kemudian diberi nama dengan Kerajaan Britania Raya atau Kerajaan Bersatu Britania Raya. Maka kerajaan yang semula merupakan duo dari Inggris dan Wales berubah menjadi trio setelah kehadiran Skotlandia. Sejak itu pula, sebuah tahta Britania gabungan ini menggantikan tahta Skotlandia dan Inggris, juga parlemen Skotlandia dan Inggris digantikan dengan sebuah parlemen gabungan. Baik Skotlandia dan kerajaan Inggris sama-sama diberikan jabatan dalam Dewan Rakyat atau House of Commons dan House of Lords di parlemen baru.


Wilayah Great Britain atau Britania Raya yang terdiri dari Inggris, Wales dan Skotlandia.

        Pada tahun 1801, dengan diberlakukannya Undang-Undang Persatuan 1801 kerajaan Irlandia (northern Ireland) dimasukkan ke dalam kerajaan Britania Raya. Keempat Negara yang berkolaborasi ini (Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia) lalu diberi nama United Kingdom atau lengkapnya United Kingdom of Great Britain and Ireland (Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia).

 
Wilayah United Kingdom, terdiri dari Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia


            Berikutnya adalah Inggris, Inggris merupakan salah satu negara yang ada di dalam United Kingdom (UK). Dibanding negara-negara lain yang termasuk dalam UK, Inggris adalah negara terbesar dengan London sebagai ibukotanya. 
Wilayah negara Inggris



So, setelah membaca artikel ini tidak ada alasan bagi anda untuk salah dalam menyebut Inggris, Britania Raya dan United Kingdom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar