Sabtu, 14 Februari 2015

Pemain Asing Serbu NBA

Tulungagung,zaki's blog- Jumlah pemain asing yang berlaga di liga bola basket Amerika (NBA) meningkat 50 persen dibandingkan sepuluh tahun lalu.
Liga NBA menyebut untuk musim 2014-15 akan ada 101 pemain dari 37 negara. Pada musim lalu, jumlah pemain asing NBA hanya 92 pemain.
Juara bertahan San Antonio Spurs merupakan klub dengan pemain asing terbanyak yaitu 9 pemain, termasuk Tony Parker asal Perancis. Diikuti Minnesota Timberwolves dan Brooklyn Nets yang diperkuat masing-masing 6 pemain asing.
Ada 12 pemain asal Kanada yang berlaga di kompetisi NBA termasuk dua pemain baru yaitu Anthony Bennett dan Andrew Wiggins. Perancis menyumbangkan 10 pemain, Australia delapan pemain dan Brasil 7 pemain.
Sementara ada 5 pemian Spanyol yang kini berlaga di NBA.
Banyaknya pemain asal Kanada merupakan buah dari perubahan pandangan publik negara tersebut kepada bola basket. Menurut Tyler Ennis, pemain Kanada di Syracuse para pemain Kanada sekarang tampil lebih percaya diri.
"Kami memandang bola basket lebih serius saat ini," kata Ennis. "Pada masa lalu, kami memiliki banyak pemain tetapi publik ragu apakah kami layak bermain di tingkat NBA. Saat ini, kami memiliki banyak bakat dan kami hanya butuh publikasi agar mereka dikenal."
Pada musim 2000-01, NBA hanya diperkuat 45 pemain asing, kurang dari separuh junlah saat ini. Menurut Kim Bahony dari NBA, banyaknya pemain asing tidak lepas dari program "Bola basket tanpa batas" (Basketball without borders) program pengembangan bola basket ke masyarakat dan seluruh dunia yang telah berjalan 13 tahun.
"Ada 100 negara yang mengikuti program ini,"kata Bohuny. "Banyaknya pemain asing menunjukkan olah raga ini berlembang di seluruh dunia."
Pemain asal Slovenia, Zoran Dragic yang kini memperkuat Phoenix Suns menyebut bermain di NBA menjadi impian banyak anak di negaranya. Ia bermain di NBA bersamna saudaranya, Goran.
"Semua orang bermain biola basket di Slovenia. Kami memiliki 9 pemain sepanjang sejaah NBA,"kata Dragic. ""Negara kami mamang kecil, namun kami berlatih keras dan mencoba berhasil di bola basket."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar