Sabtu, 14 Februari 2015

Hal Menarik di Balik Mendengarkan Musik

Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

Mendengarkan musik adalah suatu kegiatan yang pasti sering kita lakukan baik oleh anak-anak, remaja sampai orang tua pun pasti senang mendengarkan musik.
Genre musik ada bermacam-macam tapi yang sering orang dengarkan yaitu :
ü Jazz
Contoh band atau penyanyi yang beraliran jazz adalah Maliq & D’essentials,Michael Buble, Petra Sihombing, Raisa, Miles Davis, John Coltrane, dan lain-lain
ü R&B
Contoh band atau penyanyi yang beraliran R&B adalah Ne-Yo, Justin Timberlake, Usher , dan lain-lain.
ü Rock
Contoh band atau penyanyi yang beraliran Rock adalah The Beatles, The Rolling Stones, Queen, Metallica, Gun N’ Roses, Andra & The Backbone, kotak, dan lain-lain.
ü Blues
Contoh band atau penyanyi yang beraliran Blues adalah Endah n Rhesa, B.B. King, litter walter, john lee hooker, dan lain-lain.
ü Country
Contoh band atau penyanyi yang beraliran Country adalah Taylor Swift, Billy Ray Cyrus, dan lain-lain.
ü Pop
Contoh band atau penyanyi yang beraliran Pop adalah Agnes Monica, David Archuleta, Sheila On 7, Backstreet Boys, Celine Dion, Britney Spears, dan lain-lain.
ü Regea
Contoh band atau penyanyi yang beraliran Regea adalah Souljah, Steven Jam, Bob Marley, dan lain-lain.
ü Dangdut
Contoh band atau penyanyi yang beraliran dangdut adalah Rhoma Irama
Aliran musik tersebut paling sering di dengarkan oleh masyarakat Indonesia. Kenapa bayak orang yang senang sekali mendengarkan musik?
Ada banyak alasan untuk menjawab pertanyaan tersebut, yaitu :
1. Menghilangkan rasa bosan
Sebagian atau beberapa orang senang mendengarkan musik karena ingin menghilangkan rasa bosan, entah karena tidak ada tugas atau sedang dalam keadaan sendirian. Dengan mendengarkan musik, seseorang bisa sampai berjoget-joget mengikuti alunan musiknya.
2. Menghilangkan stress
Salah satu kunci yang dapat menghilangkan stress adalah dengan mendengarkan musik. Apalagi bagi mahasiswa yang stress karena tugas-tugas yang banyak. Dengan mendengarkan musik, seseorang akan merasa lebih rileks sejenak dan ada sedikit hiburan ditengah-tengah kesibukan yang tiada berhenti itu.
3. Kesehatan mental
Dengan mendengarkan musik, memiliki dampak positif bagi seseorang yang mempunyai masalah pada kesehatan mentalnya. Seseorang dapat menggunakan musik untuk mengekspresikan hal-hal yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata sehingga orang tersebut tidak menyimpan terlalu lama di dalam hati mereka yang mungkin memberikan tekanan.
4. Membantu dalam proses belajar
Ada orang yang mengatakan bahwa mendengarkan musik sambil memahami materi pelajaran adalah hal yang mengganggu konsentrasi tapi ada sebagian orang yang mampu melakukan hal itu, ia mampu menyerap materi yang ia baca sambil mendengarkan musik. Namun, jenis musik yang didengarkan saat belajar bukanlah musik rock ataupun musik vokal karena dapat mengganggu otak sehingga belajar jadi tidak maksimal. Saat belajar, musik yang baik adalah klasik atau musik yang lembut.
5. Membuat tidur lebih nyenyak
Mendengarkan musik sebelum tidur dapat membuat tidur jadi lebih nyenyak karena tubuh menjadi rileks dan tenang. Musik yang diputar adalah musik yang berirama lembut dan tenang bagi pikiran dan tubuh sehingga secara tidak sadar bisa membuat kita tertidur.
Itulah sebagian dari alasan orang merasa senang mendengarkan musik.
Saya pun juga salah satu orang yang sangat senang mendengarkan musik, terutama musik ber-genre jazz. Biasanya saya mendengarkan musik di saat mengerjakan tugas kuliah atau di saat belajar untuk kuis atau ujian karena saking banyaknya bab atau materi yang harus dipelajari. Jika harus membaca bab yang banyak, setiap ingin memulai bab yang baru pasti langsung mendengarkan musik agar tidak terlalu bosan dan tidak memberikan tekanan pada otak untuk berpikir keras dalam memahami materi. Saat mau tidur juga sering banget mendengarkan musik, mendengarkan musik sebelum tidur memberikan ketenangan pikiran sampai akhirnya ketiduran.
Kata orang “mendengarkan musik bisa mencerminkan suasana hati (rasa senang, sedih, kecewa, ataupun marah)”, dengan mendengar musik bisa memacu emosi kita dan menurut saya itu benar dan saya sendiri pun merasakan hal itu.
Satu hal yang harus kita perhatikan saat mendengarkan musik adalah jika kita sering banget mendengarkan musiknya dengan menggunakan headset, janganlah mendengarkannya dengan volume yang terlalu keras karna akan membahayakan gendang telinga kita.
Demikian Teman-teman yang dapat saya bagikan, semoga apa yang saya sampaikan dapat berguna ya….
Sekian dan Terima Kasih sudah membacanya….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar