Rabu, 05 November 2014

Tim Yang Belum Pernah Degradasi


Tim Yang Belum Pernah Degradasi

Banyak liga-liga sepakbola di dunia ini. Mereka mempunyai sistem kompetisi yang mungkin berbeda satu dengan yang lainnya. Nah, salah satu dari sistem yang sebagian besar digunakan oleh liga-liga tersebut adalah sistem ‘degradasi’. Bagi para pencinta bola tentu saja sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Degradasi merupakan sistem di mana beberapa Tim yang berada di paling bawah klasemen pada akhir musim kompetisi akan turun tingkat. Kasarnya mereka akan di turun kasta ke level kompetisi yang lebih rendah. Setiap negara yang memiliki kompetisi sepakbola pasti memilki beberapa level kompetisi. Seperti contohnya di italia kita mengenal dengan Serie-A, Serie-B, Serie-C; di liga Spanyol ada Division Primera, Division Segunda; dan masih banyak lagi yang memiliki nama berbeda di tiap negara.
Untuk apa sih degradasi ini? Tentunya, dengan adanya sistem ini, kompetisi sepakbola di negara tersebut akan sangat kompetitif. Selain memperebutkan titel juara, tentu saja tim-tim kecil yang notabene tim lemah akan berjuang untuk menghindari jurang degradasi tersebut. Bayangkan saja jika tidak ada degradasi, mereka mungkin akan bermain dengan asal dan tanpa semangat jika kesempatan untuk menjadi juara sudah pupus. Nah, ngomong-ngomong masalh Degradasi tersebut, ada beberapa hal menarik. Salah satunya adalah beberapa tim yang belum pernah terdegradasi dari level teratas dari kompetisi liga tersebut. Di sini saya akan mencoba untuk ngasih info tentang klub tersebut, namun hanya dari beberapa liga besar di eropa saja.

Liga Inggris

Semua klub di Liga Inggris pernah mengalami yang namanya degradasi. Manchester United yang notabene Klub tersukses di Liga Inggris pun pernah mengalami hal tersebut (degradasi). Itu terjadi pada tahun 1894. Saat itu masih menggunakan nama Newton Heath. MU kalah dalam pertandingan play off melawan Liverpool 0-2 pada 28 Maret 1894.
Liverpool juga pernah mengalami degradasi pada 1895 dan 1904. Setahun setelah berhasil mengalahkan MU, Liverpool harus mengakui kekalahan dari MU dan harus terdegradasi. Dan Liverpool sempat terdegradasi lagi pada tahun 1904.
Sebagai catatan, ini dihitung sejak pertama kali Liga Inggris diselenggarakan yaitu pada tahun 1892/1893, bukan sejak era Premier League yang di mulai sejak tahun 1992.

La Liga


  • Real madrid
Real Madrid menjadi tim tersuskses di Liga Spanyol dengan 31 titel juara Liga Spanyol. Selain itu, Real Madrid juga sukses bertahan di liga teratas Spanyol yang bergulir sejak tahun 1929.
  • Barcelona
Tidak hanya bersaing dalam laga bertajuk “El Clasicco”, Barcelona dan Real Madrid juga merupakan Tim yang belum pernah terdegradasi. Mereka juga merupakan 2 tim terbaik di Spanyol, yaitu Barcelona dengan 20 gelar liga domestiknya.
  • Athletic Bilbao
Di luar persaingan antara Real Madrid dan Barcelona, ternyata masih ada salah satu klub yang perlu mendapat apresiasi di Liga Spanyol. Yaitu adalah Athletic Bilbao. Bilbao merupakan salah satu dari tiga tim yang belum pernah terdegradasi ke divisi segunda.

Liga Italia


  • Inter Milan
Inter Milan merupakan satu-satunya tim Serie A Italia yang belum pernah mengalami degradasi ke Serie B. Sebenarnya masih ada satu tim lagi yang belum pernah, yaitu Juventus. Namun pada tahun 2006 Juventus harus turun ke Serie B karena mendapat hukuman atas keterkaitannya dengan kasus Calciopoli, bukan karena Juventus berada di papan bawah karena saaat itu justru Juventus menjadi juara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar