Kamis, 05 Maret 2015

Nama-nama Tokoh Pejuang Islam

Nama tokoh pejuang islam dalam daftar ini kebanyakan adalah pejuang di jaman Rosullulah, karena pada masa itulah para pejuang hebat islam lahir. Dalam berbagai pertempuran dalam menegakkan ajaran islam banyak terjadi peperangan yang telah merenggut banyak para pejuang islam. Oleh karena itu daftar nama pejuang ini dapat kita jadikan pengingat dan pelajaran sejarah islam dalam menyebarkan ajarannya.
Sebagai seorang pejuang sejati islam tentu saja adalah Nabi besar Muhammad, SAW. Namun dalam perjalanannya, banyak para sahabat nabi yang punya keahlian berperang yang luar biasa dan dikenang sebagai seorang pejuang besar islam. Jasa-jasa, kehebatan dan pengorbanan mereka bisa kita jadikan inspirasi dalam memberikan nama pada anak laki-laki kita. Penamaan bayi dengan nama tokoh terkenal merupakan harapan dan do’a bagi anak kita dimasa mendatang. Berikut ini adalah daftar 10 pejuang islam yang terkenal tersebut.

 1. Khalid bin Waleed

Khalid bin Waleed berjuang dijalan islam sejak jaman na Muhammad hingga kepemimpinan Abu bakar dan Umar bin Khatab. Khalid bin Waleed memeluk islam atas ajakan saudaranya. Dalam perang Mu’tah kepemimpinannya mampu mengalahkan 200.000 lawan hanya dengan 3.000 pasukan. Dari sinilah kehebatannya tersebar dan dikenal dengan sebutan “Pedang Allah”. Khalid bin Waleed telah memenangkan banyak sekali peperangan di jamannya, dia adalah pejuang dengan keberanian dan strategi perang yang hebat.

2. Hazrat Ali R.A

Hazrat Ali R.A adalah pejuang dan tentara islam yang menurut rumor telah membunuh 50.000 musuh dalam berbagai peperangan dan dijuluki sebagai “Singa Allah”.

3. Salahuddin Ayyubi

Salahuddin Ayyubi adalah seorang sultan bangsa Mesir dan Suriah, orang barat lebih mengenalnya dengan nama Saladin. Kehebatannya dalam strategi perang terlihat dalam perang Salib, yaitu dalam pemenangan merebut atau menduduki kota Jerusalem. Dalam beberapa sumber menyebutkan kehadirannya telah diberitahukan oleh Nabi Muhammad, SAW sebelumnya.

4. Tariq bin Ziyad

Tariq bin Ziyad adalah seorang jenderal muslim yang memimpin perang dalam penaklukan Hispania (Spanyol dan Portugal) hanya dengan 7000 pasukan berhasil mengalahkan 100.000 pasukan.

5. Hazrat Sa’ad bin Abi Waqas R.A.

Sa’ad bin Abi Waqas disebutkan adalah orang pertama yang melepaskan anak panah pertama dalam membela islam. Dalam masa Rosul dia terlibat dalam perang badar dan perang uhud.

 6. Moosa Bin Naseer

Moosa Bin Naseer adalah seorang jenderal besar yang mewariskan peperangan dalam penaklukan Hispania dan Afrika. Dia adalah guru dari Tariq bin Ziyad.

7. Abu Ubaidah ibn al-Jarrah R.A

Abu Ubaidah ibn al-Jarrah adalah sahabat Nabi Muhammad dan juga seorang pemimpin perang dan mendampingi Khalid bin Waleed dan memainkan peran kunci dalam ekspansi Kekaisaran Rasyidin.

8. Hazrat Imam Hussain R.A.

Hazrat Imam Hussain adalah seorang sahabat Nabi dan beliau mendapatkan penghargaan besar dalam perjuangan islam bukan karena memenangkan atau meminpin pasaukan dalam peperangan besar. Dia dikenal karena pengorbanannya dalam menyelamatkan para pejuang islam dalam perang Karbala. Pengorbanannya menjadi seorang martir dalam perang tersebut adalah sebuah pengorbanan besar yang akan diingat oleh umat islam.

9. Imam Ali ibn abi Talib

Imam Ali ibn abi Talib adalah sahabat Nabi Muhammad, SAW dan menemani Nabi mulai dari hari pertama perang pertama dan terbesar dalam islam yaitu perang Badar. Dia membunuh banyak sekali orang kafir dalam perang tersebut. Disebutkan dia adalah garis pertama pertahanan, garis kedua pertahanan dan kadang jadi satu-satunya pertahanan islam.

10. Imam Hussain

Imam Hussain adalah cucu Nabi Muhammad, SAW dan anak dari Imam Ali. Dia dikenal sebagai seorang pejuang dan prajurit yang kokoh, dimana dalam perang melawan yazid dia tidak gentar melawan ribuan pasaukan hanya dengan 72 orang. Dirumorkan dia telah membunuh kurang lebih 2000 pasukan dalam perang tersebut selama 3 hari dalam peperangan tanpa air. Ini menggambarkan bagaimana dia adalah seorang pejuang yang punya keberanian dan kehebatan dalam perang.
Nama-nama tokoh pejuang islam diatas adalah hanya beberapa pejuang saja, masih banyak pejuang-pejuang islam yang patut kita ketahui sebagai bagian dari sejarah islam dan sebagai inspirasi dalam memberikan nama bayi laki-laki kita. Bukan cuma karena kehebatan mereka dalam peperangan namun juga bagaimana iman mereka yang kuat untuk ajaran islam yang rela mengorbankan harta dan nyawa demi menyebarkan ajaran islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar