Kamis, 19 Maret 2015

Bagaimana Masa Depan Para Lulusan Astronomi?

Lapangan kerja seperti apa yang menanti masa depan para mahasiswa yang memilih jurusan astronomi?

Bagaimana Masa Depan Para Lulusan Astronomi?Meutia Chaerani / Indradi Soemardjan
Astronomi! Apa yang ada dalam benak Anda ketika mendengar kata ini? Semua hal terkait benda langit? Langit malam penuh bintang? Foto-foto indah dari langit 
Astronomi adalah ilmu alam yang mempelajari benda-benda langit termasuk di dalamnya mempelajari aspek fisika, kimia, biologi, dan juga evolusi dari benda-benda tersebut. Tak hanya itu, astronomi juga mempelajari fenomena di luar atmosfer Bumi, seperti ledakan supernova, ledakan sinar-gamma, radiasi latar belakang mikrokosmik dan lain-lainnya.
Secara sederhana, astronomi merupakan ilmu yang mempelajari, bintang, planet dan antariksa.
Tapi, bagi masyarakat umum, astronomi lebih dikenal dari keindahan foto-foto langit yang dihasilkan baik oleh para astronom maupun astronom amatir. Apalagi dengan kehadiran teleskop landas angkasa, foto-foto dari antariksa yang disajikan pun semakin menakjubkan. Misteri yang tersimpan di balik setiap foto membangun ketertarikan dan rasa ingin tahu akan apa yang terjadi di alam semesta.
Keindahan ini pulalah yang membawa sebagian besar penyuka astronomi untuk tertarik mendalami lebih lanjut bidang yang satu ini lewat pendidikan tinggi di jurusan Astronomi. Tapi, pertanyaan lain pun hadir, seandainya saya memilih astronomi sebagai pilihan studi selama 4 tahun, di manakah saya akan bekerja? Pertanyaan ini pulalah yang menjadi keraguan bagi orang tua untuk merelakan anak-anaknya memilih astronomi.
Di manakah anak saya kelak akan bekerja? Lapangan kerja seperti apa yang menanti masa depan anak saya?
astronomi,haaj,planetarium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar